BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Berkembangnya kehidupan modern
masyarakat kota saat ini membawa konsekuensi pada gaya hidup yang dijalani
mereka. Gaya hidup masyarakat kota dapat dilihat dari aktifitas keseharian,
interest, kebutuhan hidup, mode yang dipakai dan lain sebagainya, yang
kesemuanya terlihat berubah dari kebiasaan sebelumnya.
Kebutuhan manusia menurut tingkat
kepentingannya (intensitasnya) dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : kebutuhan
primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tertier. Kebutuhan primer merupakan
kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi dan seandainya tidak bisa dipenuhi maka
kelangsungan hidup manusia dapat terganggu. Contoh kebutuhan primer yaitu :
makanan, minuman, pakaian dan kesehatan.
Manusia perlu minum karena merupakan
hal yang penting sebagai salah satu cara mempertahankan hidup dan sekaligus
menghilangkan rasa dahaga. Apalagi di negara yang mempunyai iklim tropis
(panas) yang menyebabkan orang mudah kehilangan tenaga dan cairan, minuman
sangat dibutuhkan oleh setiap orang dimana saja dan kapan saja, yang dapat
menghilangkan rasa haus dan mengembalikan stamina yang hilang saat bekerja,
dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu : minuman ringan berisotonik.
Dari sekian banyak jenis minuman
ringan yang ada dipasaran, kebiasaan meminum minuman yang berisotonik merupakan
suatu kebudayaan yang terjadi di luar negeri namun mulai menjadi trend di
negara ini. Karena rasanya yang pas dengan selera (taste) masyarakat
Indonesia dan masyarakat umum juga beranggapan bahwa minuman isotonik ini dapat
memulihkan tenaga sehingga banyak masyarakat yang mengkonsumsi minuman
berisotonik ini.
Adapun merek dari minuman tersebut
sangat bermacam-macam, namun penulis tertarik untuk membahas minuman jenis
isotonik yang bermerek pocari sweat dengan analisis SWOT , yang
diproduksi oleh PT Amerta Indah Otsuka (AIO).
Produk minuman isotonik asal Jepang
ini awalnya bisa dibilang gagal di pasar Indonesia sejak dipasarkan tahun
1990-an. Kinerja penjualannya tak kunjung berkembang walaupun potensinya amat
besar. Akan tetapi dari tahun 2002-2003, penjualannya meningkat 50% dan
berdasarkan data yang sudah masuk hingga september 2008 diperkirakan meningkat
minimal 80%. Sikap dan Perilaku konsumen terhadap produk ini akan berbeda-beda
dan setiap individu akan menjatuhkan pilihannya atas dasar pertimbangan yang
matang, seperti harga yang terjangkau, proporsi nilai yang ada dalam minuman
tersebut, kemudahan mendapatkannya dan lain sebagainya. Oleh karena itu penulis
merasa tertarik untuk mengetahui bagaimanakah analisa SWOT yang diterapkan
dalam PT Amerta Indah Otsuka.
b. Maksud dan Tujuan
Kami mengambil judul Makalah yaitu “Analisis SWOT - SPACE Matrix PTAmerta Indah Otsuka” bertujuan
untuk mengetahui dan mempelajari lebih dalam mengenai analisa SWOT itu sendiri,
dimana kami mengambil analisa SWOT tersebut dari analisa SWOT yang telah diterapkan di PT AIO.
Sehingga kami dapat memahaminya dengan
benar.
BAB II
POKOK PERMASALAHAN
Di dalam makalah ini penulis akan membahas pokok
permasalahan mengenai analisa SWOT yang di terapkan di PT. AIO, yaitu:
1.
Deskripsi
PT AIO dengan analisa SWOTnya
2. Strategi dalam
Analisis SWOT Matrix
3. Bagaimana memanfaatkan SWOT
Matrix?
4.
Strategi pemasaran dan Bisnis
Dari
keempat pokok permasalahan di atas akan kami berikan pembahasan secara rinci.
BAB
III
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
1.
Deskripsi PT AIO dengan analisa SWOTnya
PT Amerta Indah Otsuka (AIO) Afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang.
Filosofi perusahaan
“Otsuka-people creating new products for better
health worldwide.”
VISI
“Menjadi perusahaan yang brilian,
dengan memberi kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta
masyarakat.”
MISI
§ Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang
berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.
§ Menjadikan kebutuhan kesejahteraan konsumen dan
masyarakat sebagai prioritas utama.
§ Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan
inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan
perusahaan.
§ Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang
saling menguntungkan dengan rekan bisnis.
§ Menjadi perusahaan terpercaya.
7 nilai perusahaan
1.
Integritas
2.
Passion
3.
Kerjasama
4.
Keingin-tahuan
5.
Keberanian
6.
Perbaikan dan Inovasi
7.
Perubahan
Makna
logo perusahaan
Logo Otsuka |
Logo diambil dari
inisial nama perusahaan:
- ‘O’ besar
“keterbukaan”, “kebebasan”, “kecerdasan”, dan “masa depan”. - ‘O’
kecil
pusat energi Otsuka Pharmaceutical, yang merupakan sumber dari prinsip-prinsip di atas.
Logo ini menyampaikan
komitmen penuh semangat dari Otsuka Pharmaceutical pada kebahagiaan umat manusia
melalui kesehatan yang baik.
Analisa
SWOT Matriks PT AIO
(Strengths, Weaknesses, Opportunity and Threat Matrix)
(Strengths, Weaknesses, Opportunity and Threat Matrix)
1.
Kondisi
finansial yang terus meningkat setiap tahunnya.
2.
Kapasitas
produksi yang besar (di atas 100 juta liter per tahun).
3.
Distribution
channel yang telah terbangun sejak tahun 1990-an.
4.
Loyalitas
konsumen melalui transfer knowledge dan edukasi konsumen sejak tahun 1990-an
5.
Established
relationship dengan event-event olahraga internasional
1.
Kurangnya pemahaman produk dari
distribution channel, khususnya traditional channel yang umumnya menaruh Pocari
Sweat sejajar dengan minuman energi bahkan minuman ringan.
2.
Harga produk yang lebih tinggi dibanding
competitor lainnya.
3.
Hanya memiliki satu rasa.
1.
Pasar masih dalam tahap growth, sehingga
potensinya masih terbuka lebar.
2.
Sejauh ini, inovasi produk dari minuman
isotonik hanya bersifat incremental sehingga masih terbuka kesempatan untuk
pengembangan produk.
Persepsi masyarakat
bahwa Pocari Sweat memiliki kemampuan medis untuk membantu proses penyembuhan.
1. Barriers
to entry rendah, akses bahan baku mudah dan relatif murah.
2. Kompetitor
dari perusahaan industri sejenis dengan jalur distribusi matang.
3. Konsumen
semakin selektif, mudah untuk melakukan switching.
4. Isu
kesehatan: Konsumsi minuman isotonik jangka panjang, terkait isu bahan alami
dan bahan pengawet.
2.
Strategi dalam Analisis SWOT Matrix
Mengejar Opportunities
SO (STRENGTHS
– OPPORTUNITIES)
Menggunakan kekuatan
internal perusahaan untuk memanfaatkan Opportunities di lingkungan
eksternal.
WO (WEAKNESSES
– OPPORTUNITIES)
Meningkatkan kelemahan
internal dengan mengambil keuntungan pada peluang yang ada.
Menghadapi Threats
ST (STRENGTHS
– THREATS)
Menggunakan kekuatan
perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak dari ancaman (threats)
eksternal.
ST (STRENGTHS
– THREATS)
Menggunakan kekuatan
perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak dari ancaman (threats)
eksternal.
WT (WEAKNESSES
– THREATS)
Taktik defensif yang
diarahkan untuk mengurangi kelemahan internal dan menghindari ancaman
eksternal.
3.
Bagaimana mengembangkan SWOT
Matrix
Pengembangan sebuah Matriks SWOT dapat dilakukan
dengan langkah-langkah berikut:
1.
Membuat daftar opportunities perusahaan.
2.
Membuat daftar threats perusahaan.
3.
Membuat daftar kekuatan internal perusahaan.
4.
Membuat daftar kelemahan internal perusahaan.
5.
Membandingkan kekuatan internal dengan opportunities, dan mencatat
resultan strategi SO di sel yang sesuai.
6.
Membandingkan kelemahan internal dengan opportunities, dan mencatat
resultan strategi WO di sel yang sesuai.
7.
Membandingkan kekuatan internal dengan threats, dan mencatat resultan
strategi ST di sel yang sesuai.
8.
Membandingkan kelemahan internal dengan threats, dan mencatat resultan
strategi WT di sel yang sesuai.
4.
Strategi pemasaran dan Bisnis
Strategi
Pemasaran
·
Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors
·
Event terkait dengan kesehatan dan olahraga
·
Penekanan bahwa Pocari Sweat dapat dikonsumsi dalam kondisi apapun
·
Penambahan varian kemasan
Strategi Bisnis
·
E-business
channel priorities.
·
Organizational
Restructuring and Capabilities.
·
Business,Service
and Revenue Model
·
Marketplace
Restructuring.
·
Market
& Product development strategies.
·
Positioning
and differentiation strategies
BAB
IV
PENUTUP
PENUTUP
Kesimpulan
:
1.
PT Amerta Indah Otsuka (AIO) merupakan
produsen pertama yang bergerak di bidang bisnis minuman isotonik dan makanan
ringan rendah lemak dengan produk yang dihasilkan minuman ion Pocari Sweat dan
cemilan sehat Soyjoy.
2.
PT Amerta Indah Otsuka (AIO)
memiliki system bisnis dan strategi yang baik untuk bersaing di pasar yang
memiliki banyak competitor di dalamnya. Namun berkat kerja keras dan strategi
yang dijalankan mereka tetap menjadi brand minuman terbaik di pasaran. Strategi
yang di maksud adalah :
·
Promosi berupa iklan di media
cetak maupun di televise dengan jalan endors terhadap tokoh terkemuka yang
kompeten terhadap produk minuman ini.
·
Pembuatan lain daripada yang
lain.
·
Penambahan varian kemasan bukan
pada rasa seperti meluncurkan kemasan sachet isi 15 gr dengan harga retail Rp.
1500,- sehingga dapat di konsumsi oleh berbagai kalangan dengan harga
terjangkau.
Daftar pustaka
David, Fred R. 2011. Strategic Management – Concepts and Cases,
13th Edition.
USA: Prentice Hall.
Freddy, Rangkuti. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta:
Gramedia Utama.
Kotler, Philip. 2008. Marketing Manajemen. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2007.
Riset Pemasaran. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Rowe, Allan J. 1993. Strategic management: a methodological
approach.
USA: Addison-Wesley.
Sodik,Ikhsan. 2011. Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi
Pengembangan Komoditas Karet. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Tjiptono,Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Tiga.
Yogyakarta: BPFE.
Triton,PB. 2008. Marketing Strategi Meningkatkan Bangsa
Pasar dan Daya Saing. Yogyakarta:
Yudhistira.
http://manajemenstrategis.wordpress.com.
Manajemen Strategis.
http://www.aio.co.id. Website resmi dari PT Amerta Indah Otsuka.
http://www.swa.co.id. Kompetitor Tidak Goyang Eksistensi Pocari
Sweat.
http://www.otsuka.com/jp.
Website resmi dari Otsuka Holdings
Co., Ltd.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut