Proposal kewirausahaan dengan perhitungan HPP dan BEP




BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
            Setiap orang pasti ingin menjadi Bos di bisnis atau usaha-nya sendiri. Hanya orang-orang yang berpikiran sempit-lah yang seumur hidup ingin menjadi orang gajian. Banyak sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat sebuah cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu meng-gelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti. Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut. Peluang usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Inilah yang melatar belakangi penulis dalam menjalankan usaha sebagai penyetok snack dalam bentuk kemasan dengan label “ Snack Shiip..! ’’. Selain keuntungan yang menjanjikan dari segi modal yang dikeluarkan, usaha ini juga sangat efektif dilakukan untuk mengisi waktu luang terutama untuk usaha sampingan.
1.2       Visi dan Misi
1.2.1    Visi
Menjadi penyetok yang paling diminati dari segi kualitasnya oleh pelanggan
1.2.2    Misi
·         Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
·         Melakukan pemasaran dengan sistem “ door to door “
·         Mencari pelanggan tetap sebanyak –banyaknya
BAB II
DESKRIPSI PERUSAHAAN
2.1       Profil perusahaan
Usaha penyetok snack kemasan “  Snack SHiip..! ” ini dijalankan di tempat tinggal penulis sendiri. Yang beralamat di Jalan Arjuna no 3 Malangan, Makam Haji, Kartasura, Sukoharjo.  Dimana dalam usaha ini terdapat dua jenis produk snack yang sudah dipasarkan yaitu Kerupuk koin pedas dan Astor twister.
2.2       Modal
            Modal awal yang dikeluarkan dalam menjalankan usaha ini adalah Rp. 52.500, dengan rincian sebagai berikut :
Biaya jangka panjang dalam menjalankan usaha
No
Keterangan
Harga

1.
Staples
  Rp. 10.000

2.
Isi staples
  Rp.   1.500

3.
Plastik kemasan isi 300 buah (untuk 4 kali produksi)
  Rp.   6.500

4.


Label isi 480 (untuk 7 kali produksi)

Total Harga
  Rp.   2.500   +
 
  Rp.  20.500


Biaya untuk satu kali produksi
No
1.
2.
Keterangan
Krupuk koin pedas untuk 5 ons
Astor twister untuk 5 ons

Total Harga
Harga
   Rp.     16.000
   Rp.     16.000  +

   Rp.     32.000



2.3       Produk dan Segmentasi Pasar
Produk pemasarannya meliputi dua jenis yaitu Krupuk koin pedas dan Astor twister. Produk snack ini diperoleh dari agen kiloan terdekat yang telah penulis jadikan langganan dalam menjalankan usaha ini.
Segmentasi usaha ini adalah kantin kampus dan warung-warung yang jaraknya tidak jauh dari tempat produksi penulis.
2.4       Analisis SWOT
1.      Strengths (Kekuatan)
a.       Bahan baku mudah didapat
b.      Memiliki cita rasa yang lebih gurih dan lebih renyah
c.       Berbagai kalangan banyak yang menyukai
d.      Tidak bergantung cuaca
e.       Pengemasan relatif mudah
2.      Weakness (Kelemahan)
Produk yang dititipkan biasanya tidak langsung dibayar sehingga penulis harus pintar-pintar mengatur perputaran dana antara masa produksi dan pembayaran.
3.      Opportunities (Peluang/Kesempatan)
a.       Berbagai kalangan banyak yang menyukai, hal ini sudah dibuktikan terkait dengan lakunya produk yang penulis titipkan.
b.      Memberikan keuntungan yang cukup besar.
4.      Threats (Ancaman)
Produk yang ditawarkan masih tergolong sederhana, mungkin banyak konsumen yang memilih produk lain yang lebih menarik.



BAB III
ANALISA KEUANGAN

3.1       Harga Pokok Penjualan
Harga pokok penjualan (HPP) adalahharga minimum yang harus diterapkan oleh produsen agar tidak mengalami kerugian. Sementara ang dimaksud harga penjualan adalah harga yang memberikan keuntungan bagi produsen. Hal tersebut dikarenakan adanya solusi antara harga penjualan dengan harga pokok penjualan. Penentuan besarnya harga penjualan dapat dipertimbangkan  dengan harga pokok sejenis yang ada di pasar.

HPP =  
            Dalam usaha yang dilakukan, penulis menghasilkan total snack sebanyak 64 buah untuk 1 kali produksi dan 1 kali pemasaran dengan jumlah biaya yang  dikeluarkan Rp. 32.000. Sedangkan untuk proses pemasaran dilakukan 3 kali sehari. Jadi dapat di buat rincian untuk mendapatkan HPP sebagai berikut :
-          Satu bulan terjadi 10 kali produksi, artinya dalam satu bulan terdapat 64 buah x 10 = 640 (total snack yang dikeluarkan perbulan).
-          Dalam sekali produksi mengeluarkan biaya Rp. 32.000, artinya dalam satu bulan mengeluarkan Rp. 32.000 x 10 = Rp. 320.000 (biaya yang dikeluarkan perbulan).
-          Jadi dapat diperoleh HPP = Rp.500/kemasan, sedangkan penulis menjual dengan harga Rp.800/kemasan sehingga penulis mendapat keuntungan Rp. 300/kemasan.

3.2       Break Event Point (BEP)
BEP dipakai untuk menentukan besarnya volume penjualan sehingga perusahaan tersebut sudah dapat menutup semua biaya (pengeluaran) tanpa mengalami kerugian maupun keuntungan. BEP akan tercapai apabila total biaya produksi sama dengan nilai jual snack kemasan. BEP dirumuskan sebagai berikut :
BEP = 400 kemasan/bulan
Hasil perhitngan BEP menunjukan bahwa produsen akan mencapai titi impas apabila menjual produk kemasan sebanyak 400, dengan harga jual Rp. 800/kemasan.

3.3       Analisa keuntungan
Dari hasil penjualan dapat diperoleh keuntungan sebagai berikut :
-          Pendapatan 1 bulan pertama :  640 kemasan X Rp. 800 = Rp 512.000
-          Total laba bulan pertama = Pendapatan – Modal = Rp. 512.000 – Rp. 340.500 (Biaya modal 1 bulan) = Rp. 172.500 (Laba kotor).
-          Untuk Laba bersih bulan berikutnya dapat diperoleh : Pendapatan – Biaya Produksi = Rp.512.000 – Rp. 320.000 = Rp. 192.000/bulan




BAB IV
PENUTUP

4.1       Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik. Usaha penyetok snack kemasan  ini merupakan suatu usaha skala kecil yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan yang matang.

4.2       Saran
1.      Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
2.      Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
3.      Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4.      Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
5.      Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah.


3 komentar:

  1. waaah proposalnya bagus... rekomended banget... makasih ilmunya... semoga Bisa Menjadi penyetok yang paling diminati dari segi kualitasnya oleh pelanggan sesuai visi nenk jannah hhe :D

    BalasHapus
  2. Ya. Terimakasih atas pertanyaan Anda, Sungguh sangat membangongkan. Tinggal search aja mas jgn ribet.

    BalasHapus

Terima Kasih Kunjungannya. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar yaa... salam sukses.

Blog Archive

Total Tayangan Blog

Translate