Customer Relationship Management (CRM) (Materi ke-10)
Slide ke-4
Definisi
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu
perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif dapat mengelola
hubungan dengan para pelanggan.
Sasaran CRM
Sasaran utama CRM adalah
untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas
perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior)
pelanggan.
Prinsip Dasar CRM
Mengambil data input berupa data profile dari semua
pelanggan (customer) dan memberikan informasi yang sesuai kepada klien berupa informasi tentang
customer history, kebutuhan-kkebutuhan pasar dan isu-isu lain seputer
perkembangan pasar.
Tujuan CRM
- Scara umum tujuan peneapan CRM adalah sebagai berikut :
- Mengenali dan menganalisa relasi
- Mengenali dan menganalisa pasar
- Mengenali dan menganalisa produk keluaran
Fungsi-fungsi dalam CRM
- Mnegidentifikasi aktor-aktor yang pentinh bagi pelanggan
- Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
- Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
- Membangun proses dari ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
- Menangani keluhan/komplain pelanggan
- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
Operasional CRM
Operasional CRM memproses data pelanggan untuk beberapa
kebutuhan :
- Mengelola iklan
- Otomasi pemasaran
- Otomasi tugas pemasaran
- Sistem manajemen pemasaran
Anlalytical CRM
·
Analytical CRM menganalisa data pelanggan untuk
berbagai keperluan :
- Merancang dan menjalankan iklan pemasaran yang ditargetkan
- Merancang dan menjalankan iklan, contohnya akuisis pelanggan, cross selling, up-selling
- Menganalisa perilaku pelanggan dalanm rangka untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan produk dan pelayanan (contohnya penetapan harga, pengembangan produk)
- Sistem Informasi manajemen 9contohnya, sistem perencanaan keuangan dan pelanggan yang memberikan keuntungan)
·
- Consumer Relationship System (CRS) meliputi aspek-aspek perjanjian perusahaan dengan pelanggan yang ditangani oleh pusat kontak Consumer Affair dan Customer Relations dalam sebuah perusahaan
- Perwakilan ini menangani kontak dari pelanggan dan konsumen
- Peeringatan awal dapat diberikan sesuai dengan isu produk (contoh, pengembalian item yang dibeli) dan dapat dilacak sentimen konsumen saat ini (suara pelanggan).
- Perencaan bisnis yang matang
- Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM menurut strategi yang diterapkan
- Menentukan parameter dan standar pengukuran keberhasilan penerapan CRM
- Menentukan standar aturan penanganan strategi brdasarkan informasi dari sistem CRM seperti perubahan, perbaikan dan pemantapan strategi
blogpost ini untuk memenuhi UAS pak danang dan saya backlink ke teman
Your Post is very useful, I am truly to this blog which is specially design about the Xero supplier interface, It helped me with ocean of awareness so I really appreciate your blog.Xero supplier interface
BalasHapusThank you...i also happy to help,
Hapusthe bast post ... sip
BalasHapusThanks...
HapusInteresting blog all information are very important for me about the foundation database and i really need it thank you.
BalasHapusfoundation database
Your blog is very useful, I am truly to this blog which is specially design about the management.
BalasHapusGreat job.
GM Talk