Customer Relationship Management (CRM)



Customer Relationship Management (CRM) (Materi ke-10)
Slide ke-4
Definisi
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif dapat mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Sasaran CRM
Sasaran utama CRM adalah  untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan.

Berikut untuk lebih jelasnya, sasarannya meliputi 3 pilar yang terlibat dalam CRM :


nurjanah272.blogspot.co.id


Prinsip Dasar CRM
Mengambil data input berupa data profile dari semua pelanggan (customer) dan memberikan informasi yang  sesuai kepada klien berupa informasi tentang customer history, kebutuhan-kkebutuhan pasar dan isu-isu lain seputer perkembangan pasar.

nurjanah272.blogspot.co.id

Tujuan CRM
  • Scara umum tujuan peneapan CRM  adalah sebagai berikut :
  • Mengenali dan menganalisa relasi
  • Mengenali dan menganalisa pasar
  •  Mengenali dan menganalisa produk keluaran

Fungsi-fungsi dalam CRM
  •  Mnegidentifikasi aktor-aktor yang pentinh bagi pelanggan
  • Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
  • Membangun proses dari ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
  • Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
  • Menangani keluhan/komplain pelanggan
  • Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan

Operasional CRM
Operasional CRM memproses data pelanggan untuk beberapa kebutuhan :
  •  Mengelola iklan
  • Otomasi pemasaran
  • Otomasi tugas pemasaran
  • Sistem manajemen pemasaran


nurjanah272.blogspot.co.id
Anlalytical CRM
·         Analytical CRM menganalisa data pelanggan untuk berbagai keperluan :
  •  Merancang dan menjalankan iklan pemasaran yang ditargetkan
  •  Merancang dan menjalankan iklan, contohnya akuisis pelanggan, cross selling, up-selling
  • Menganalisa perilaku pelanggan dalanm rangka untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan produk dan pelayanan (contohnya penetapan harga, pengembangan produk)
  • Sistem Informasi manajemen 9contohnya, sistem perencanaan keuangan dan pelanggan yang memberikan keuntungan)
·       
Consumer Relationship System (CRS)

 nurjanah272.blogspot.co.id
  • Consumer Relationship System (CRS)  meliputi aspek-aspek perjanjian perusahaan dengan pelanggan yang ditangani oleh pusat kontak Consumer Affair dan Customer Relations dalam sebuah perusahaan
  • Perwakilan ini menangani kontak dari pelanggan dan konsumen
  • Peeringatan awal dapat diberikan sesuai dengan isu produk (contoh, pengembalian item yang dibeli) dan dapat dilacak sentimen konsumen saat ini (suara pelanggan).
  •  Perencaan bisnis yang matang
  •  Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM menurut strategi yang diterapkan
  • Menentukan parameter dan standar pengukuran keberhasilan penerapan CRM
  • Menentukan standar aturan penanganan strategi brdasarkan informasi dari sistem CRM seperti perubahan, perbaikan dan pemantapan strategi

blogpost ini untuk memenuhi UAS pak danang dan saya backlink ke teman 




6 komentar:

  1. Your Post is very useful, I am truly to this blog which is specially design about the Xero supplier interface, It helped me with ocean of awareness so I really appreciate your blog.Xero supplier interface

    BalasHapus
  2. the bast post ... sip

    BalasHapus
  3. Interesting blog all information are very important for me about the foundation database and i really need it thank you.
    foundation database

    BalasHapus
  4. Your blog is very useful, I am truly to this blog which is specially design about the management.
    Great job.

    GM Talk

    BalasHapus

Terima Kasih Kunjungannya. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar yaa... salam sukses.

Blog Archive

Total Tayangan Blog

Translate